APPLE MacBook Pro

Diposting oleh Home Hardware | 03.11

MacBook Pro terbaru telah diperkenalkan oleh Apple beberapa waktu yang lalu dan inilah beberapa fitur kunci dari jajaran Apple Macbook Pro terbaru :

Solid (Uni) Body

Model terbaru ini tampaknya semakin kokoh berkat proses manufaktur baru yang diperkenalkan dengan MacBook dan MacBook Pro generasi terkini. Dengan komposisi unibody, notebook-notebook terbaru ini menjadi lebih mudah untuk diperbaiki dan juga memudahkan pengguna yang ingin melakukan upgrade seperti mengganti hard drive maupun baterai atau menambah memori.

Seluruh port dikelompokan disebelah kiri case, termasuk port MagSafe, Gigabit Ethernet, FireWire 800, dua port USB, port audio in/out, dan sebuah slot ExpressCard/34. Sedangkan Microphone berada dibawah gril speaker.

Model 2.4GHz hadir dengan 3MB shared L2 cache, RAM 2GB dengan 1066Mhz DDR3 dan hard drive SATA 250GB(5,400rpm). Model 2.53GHz hadir dengan 6MB shared L2 cache, RAM 4GB, dan hard drive 320GB (5,400 rpm). Apple juga menawarkan hard drive 7,200 rpm dan Solid State Drive (SSD) sebagai pilihan. Memori baru memakai jenis DDR3 yang lebih cepat. Keduanya mempunyai Front-Side Bus 1066MHz, AirPort Extreme Wi-Fi dengan 3 Mbps Bluetooth 2.1 EDR.

Layar Glossy

Membuka MacBook Pro berarti menampilkan layar lebar LCD LED 15.4-inch yang terang dan berkilau. Layar yang digunakan memang menawan dan lebih menarik daripada generasi sebelumnya. Layar baru ini juga ramah lingkungan karena bebas dari bahan mercury dan arsenic.

Dua Chip Grafis

Chip grafis baru adalah yang membedakan bagaimana notebook-notebook ini menangani aplikasi grafis dengan intensitas tinggi seperti 3D, video, aplikasi desain professional, dan game. MacBook Pro baru menggunakan teknologi Hybrid SLI dari Nvidia yang memasangkan dua chip grafis, satu terintegrasi di logicboard (GeForce 9400M) dan satu terpisah (GeForce 9600M GT). Masing-masing berkapasitas 256MB DDR3 untuk 2.4 Ghz dan 2.53GHz mendapat 512MB DDR3.

Trackpad

MacBook Pro terbaru ini mendukung lebih banyak trackpad multi-gesture support. Terbuat dari kaca halus dan tidak memiliki tombol terpisah karena seluruh permukaan merupakan tombol. Menurut Apple, trackpad baru ini 39% lebih luas dibandingkan dengan model lama.

User dapat menggunakan satu jari klik, drag, drag lock dan click kanan (disebut secondary click). Sedangkan untuk scroll, memutar, membuka, dan menutup, dan zooming, dan juga tap secondary dapat menggunakan dua jari. Gunakan sapuan tiga jari untuk mengendalikan photo album, misalnya tarik empat jari ke atas atau kebawah untuk mengaktifkan Expose dan kiri atau ke kanan untuk application switcher. User juga dapat menggunakan pojok kiri atau kanan sebelah bawah sebagai klik kanan.

Verdict

MacBook Pro merupakan another masterpiece notebook dari Apple. Keseluruhan fitur-fiturnya membuat anda tidak dapat mengatakan tidak pada keinginan anda untuk memilikinya.